Inspiration

Selasa, 24 Agustus 2010

UPIN IPIN............Flashback Indah Masa Kecil dengan film SI UNYIL

Setiap hari di sebuah stasiun televisi swasta menayangkan film anak-anak dengan judul UPIN IPIN.
Pada pertama penayangan yang kalau tidak salah ingat sekitar tahun 2009 akhir, aku sempat berpikir siapa yang buat film bagus ini dan setelah browsing di internet barulah aku tahu yang buat itu orang muda Malaysia negeri jiran. Negeri yang selalu mengaduk-aduk perasaan dan harga diri kita sebagai bangsa Indonesia.

Tetapi lepas dari masalah itu, aku hanya ingin membahas film yang amat disukai oleh seluruh keluargaku termasuk aku. Karena film ini bagus sekali bukan hanya kualitas gambarnya saja yang sangat menarik, tetapi muatan isi yang terkandung di dalamnya banyak sekali pelajaran dan pendidikan sebagai manusia.

Lihat saja pada episode pencarian harta karun...disitu daya khayal sebagai anak kecil tertuang begitu lucu dan menariknya. Dari kapten kapal yang bertanggungjawab pada anak buahnya sampai kekompakan dalam mencari harta karun.

Pada episode puasa lebih bagus lagi, karena bisa mengajarkan kepada anak-anak kita untuk belajar puasa sejak dini. Sehingga puasa bukanlah keterpaksaan, tetapi sudah menjadi keimanan dalam diri masing-masing orang.

Karakter yang tercipta pada masing-masing pemeran sangatlah pas. Upin, Ipin dengan kepolosan dan kenakalan anak-anak tetapi masih menghormati orang yang lebih tua seperti kak Ros dan Opa.
Lalu ada teman-teman seperti Mail, Jarjit, Ihsan, Ijat, Mei-Mei dan lainnya, dan tak lupa Cikgu....seorang guru taman kanak-kanak yang begitu sabar mengajar dan mendidik muridnya.

Bila kita cermati sebenarnya ceritanya hampir sama dengan film boneka jaman tahun 80 an.....SI UNYIL.......hanya saja beda pengemasannya. Tapi bila ditilik dari segi pendidikan, kedua film tersebut sangat bagus untuk dilihat anak-anak.
Anak adalah generasi penerus bangsa.....dimana di jaman yang serba komputer ini semua permainan yang berbau tradisional sudah mulai hilang, digantikan dengan video game dan play station.
Waktu kecil dulu masih ada permainan dakon ( congklak ), patel lele, bentengan, jumpritan masih ( sembunyi ) dan masih banyak lagi.......itu dapat kita lihat di kedua film itu.

Tidak ada komentar: